Velkommen til Norge!

Selamat Datang di Norwegia!

Tiga minggu pas setelah meninggalkan segala macam dokumen itu di kantor VFS, lalu aku ingat betul jam makan siang dikantor ada telpon dari Jakarta. Tapi aku lupa entah dari VFS atau dari kedutaan besar Norwegia yang menelpon, anyway suara ibu-ibu itu terdengar menyenangkan, tipikal ibu-ibu senior yang gemar bercerita dengan ceria. Dia bertanya, kapan mau berangkat ? Ada satu kolom yang belum aku isi ternyata, ttg tanggal keberangkatan. Tapi aku kala itu sudah bersepakat dengan geng Oslo baruku itu kita mau berangkat bareng tanggal 7 Agustus 2014. Si ibu bilang oh ya sudah, kalo gitu pas. Oh iya, FYI, visa yang dberikan untukku dan teman-teman itu ijin masuk, jadi hanya berlaku seminggu saja. Yang penting kita ndak terdampar di emperan loket imigrasi di Oslo sana nantinya.

Lalu bersama kita berangkat naik Qatar Airways, yang waktu itu adalah flight paling mure dari Jakarta-Oslo. Eh tapi bener lho, aku 8 kali pp Oslo-Jakarta, Jakarta-Oslo pake Qatar terus yang paling murah memang. Setelah sempat transit di Doha, Qatar semalam akhirnya perjalanan 16 jam itu tuntas sudah. Kalau ga salah waktu itu siang hari, kita sampai di Gardemoen Airport, gerbang masuk ke Norwegia..wuhuuu nyampeee!! Tapi masih panjang jalan. Lihat papan ‘Velkommen til Norge’ di atas tulisan passport check itu rasanya gimana gitu. Seneng juga akhirnya bisa nyampe. Deg-degan juga apa yang ada di luar bandara ini, makan apa nnt, rumah kayak gimana bentuknya, kampus gmn, dan berjuta pertanyaan dengan kata pertama -GIMANA-, termasuk gimana kalo nnt visa aku ditolak ? #lebay

Singkat cerita (akhirnya visa ndak dtolak, dapet cap masuk bebas melangkah), kita keluar. Biasa aja si bandaranya, cuma ya karena Norway, jadinya tiba-tiba ada nuansa viking nya. Kelar ngumpulin koper, kita berempat persis kayak anak ayam kehilangan induknya. Belom ada yang pernah ke Norway dan haha, sejujurnya kita hilang arah. Mau ngapain dulu juga bingung. Setelah ngumpulin napas dan switch bahasa, kita sepakat mau nuker uang dulu dari dollar amerika ke norwegian kroner. loketnya ada di depan pintu keluar persis. Habis itu kita beli tiket kereta cepet ke kota, namanya Flytoget (duh jadi kangen!). Harganya untuk student 90kr, yang reguler jurusan bandara-sentrum 180kr jadi yang buat student bisa 50% lebih murah* (cek di http://flytoget.no/). Kereta ini per 10 menit jadi jangan khawatir bakal telat banget kalo ada acara.

Lalu, jeng jeng…20 menit kemudian kita sampai!

Janjian sama mahasiswa Indonesia yang udah senior disana, namanya mas adhi dan mbak indri yang berbaik hati jadi induk ayam buat kita yang udah mulai lelah. udah gitu kita ternyata kudu beli lagi kartu bulanan buat moda transportasi di kota.** Yo wis beli dulu. Setelah dapet kartu kita lalu menuju ke kantor dimana kita mau ngambil kunci kamar kosan di Oslo***. Dari bandara ke sentrum turun di stasiun utama Oslo, Oslo S (sentralstasjon). Habis gitu kalo mau kemana-mana di dalam kota, ada moda transportasi laen. Kita lalu naik metro, namanya Tbane.

Menuju rumah…

Lokasi tempat tinggalku ada di tempat yang menyenangkan. Ga kebayang, bayanganku masih aja kayak tempat tinggalku waktu di Belanda, ditengah-tengah kompleks perumahaan gt. Tapi ternyata…(see picture below)

20140809_065329

Asyik yekan ? Hahaha..alamatnya cukup unik juga, ye benernya unik karena penulisannya beda gt aja sama alamat kita di Indonesia. Diambil menit pertama masuk di kamar lantai 5 menghadap ke utara, belakangnya bukit gitu coba alamatnya di Kringsjå Studentby-Korsvoll, Oslo 0864. sorry tapi nomer kamar dan gedung dirahasiaken, demi kemaslahatan umat 🙂

Kayaknya sekian dulu, sa mau lanjut bongkar-bongkar koper.

Osl. 9 Agustus 2014. Diatas meja belajar.

PS: *, **, ***, NEXT in Liv i Norge (udah begaya pake bahasa norsk, padahal juga cuma googling barusan)

Advertisements

Author: ayudhirapr

happy student ayudhira.pradati@gmail.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s